Tips Memilih Alat Pancing Untuk Pemula

/
1 Comments

Tips Memilih Alat Pancing Untuk Pemula

Salam Sahabat Mancing, Dalam bostingan pertama saya, saya akan memberikan tips bagi yang baru mau terjun ke dunia mancing atau bisa di bilang benar – benar newbie dalam dunia permancingan.

Banyak sekali teman teman saya di dunia real maupun yang bertanya lewat akun jejaring sosial saya, mereka menanyakan kepada saya mengenai memilih alat pancing, karena kondisi mereka yang belum mengerti untuk memilih tackle yang seperti apa yang harus mereka miliki.

Oke langsung saja saya kasih sedikit penjelasan.

Mau mancing dimana? Laut? atau Empang?

Kalau jawabannya “empang” atau katakanlah freshwater, sebaiknya membeli rod dengan panjang 190cm, 180cm atau 170cm dengan kriteria lentur / fast action berbahan carbon. Biasanya 8-12 lbs. Kalau mau lebih enak, cari handle rod yang agak panjang, biasa sih kriteria handle saya 30 – 40cm, alasannya kalo ngefight ikan yang agak besar jadi tidak pegal, bisa di kempit di ketiak. Jangan lupa pilih2 yang enteng dan pastinya sesuai kantong.

Reel : untuk reel bisa menggunakan spinning kelas 2500 saja sudah cukup, line bisa pakai monofilament berukuran 14lbs atau PE 1

Kalau tujuannya untuk casting freshwater sebaiknya dari awal membeli baitcasting set, supaya mempelajarinya lebih mudah ketimbang sudah terbiasa memakai spinning lalu pindah ke baitcasting. (pengalaman saya sendiri).

Bagaimana kalo mau mancing di laut?? Nah di laut biasa saya bedain 2 kelas.


1. Kelas ringan/light tackle, bisa mencakup dasaran, casting dan light jigging.  Boleh pakai rod panjang 170cm/180cm dengan action medium, biasanya 12 – 20lbs. Boleh juga membeli rod model jigging dengan handle panjang. Tapi biasa saya tetap pakai joran light tackle sekitar 16lbs untuk main laut2 pinggiran karena fight terasa lebih menantang.

Reel : Reel bisa menggunakan ukuran  4000 – 6000 atau kalau lokasi tidak terlalu dalam tetap bisa pakai reel ukuran 2500 atau 3000. Line  nya bisa menggunakan monofilament atau PE 2 – 3

2. Kelas berat / heavy tackle, biasanya untuk ikan2 besar dan mancing di laut dalam seperti binuangeun, SMR dan daerah laut lepas lainnya. Rod bisa pakai PE 2 – 4 atau PE 5 – 8 (untuk popping) Panjangnya disesuaikan saja dengan kriteria masing2 angler.

Reel : Reel bisa menggunakan ukuran 6000 – 8000 atau bahkan 12000 untuk popping karena harus memuat line yang agak besar dan cukup panjang.

Jadi.. kira2 begini tips yang saya berikan. Sifatnya tidak “HARUS” seperti diatas tapi ini berdasarkan pengalaman saya sebelumnya, jika ada yang kurang cocok mungkin teman2 bisa menyesuaikan dengan selera masing2.

Ingin Tau!!! Tips Menangkap Ikan Dengan Botol Bekas



You may also like

1 komentar:

Popular Posts